6 Kebiasaan Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Mental Anda


Ganguan mental pada seseorang biasanya di sebabkan oleh berbagai faktor salah , salah satunya adalah depresi. Depresi akan membuat seseorang merasa gelisah, apabila hal ini di biarkan dalam jangka waktu yang lama akan membuat seseorang mengalami masalah pada kesehatan mentalnya.

Ganguan mental akibat depresi ini tidak hanya disebabkan karena seseorang terlalu banyak pikiran, tetapi hal ini bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa disadari akan mengancam kesehatan mental anda sendiri.

Mau tahu apa saja 6 kebiasaan buruk yang harus di hindari tersebut agar anda kesehatan mental anda tetap terjaga ? yuk kita simak ulasanya dibawah ini.

1. Terlalu Banyak tidur
Tidur memang mempunyai khasiat yang menyehatkan bagi tubuh, namun apabila seseorang terlalu banyak tidur maka akan berpengaruh terhadap kesehatannya sendiri. Penelitian medis mengatakan bahwa seseorang terlalu banyak tidur akan rentan terkena depresi. Tidak hanya itu saja, ternyata kebiasaan buruk ini juga bisa meningkatkan resiko diabetes.

2. Kurang Tidur
Apabila tadi kita membahas kebiasaan buruk akibat terlalu banyak tidur, nah sekarang kita akan membahas akibat seseorang yang kurang tidur. Idealnya seseorang tidur 8 jam dalam satu hari agar tubuh tetap sehat dan bugar, karena apabila seseorang kekurangan tidur maka keseimbangan di dalam tubuhnya akan terganggu.

3. Minum Alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang banyak sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh karena akan menyebabkan kegelisahan dan tanpa anda sadari kebiasaan buruk ini lambat laun akan menggangu kesehatan mental anda. So, hentikanlah kebiasaan buruk ini sebelum terlambat.

4. Tak Berolahraga
Olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus bisa menghilangkan stress, namun jika kita lihat masih banyak orang yang tidak mau untuk berolahraga dengan berbagai alasan. Nah, perlu anda ketahui bahwa seseorang yang tidak mau berolahraga akan rentan terkena gangguan mental.

5. Tak Mau Mempelajari Hal Baru
Otak manusia sama halnya dengan pisau apabila semakin di asah maka akan semakin tajam. Untuk meningkatkan ketajaman otak anda harus mempelajari hal-hal baru. Seseorang yang tidak mau mempelajari sesuatu yang baru akan rentan terkenan depresi atau gangguan mental karena otak mereka stagnan.

6. Tak Bersosialisasi
Sebagai makhluk sosial manusia tentunya membutuhkan satu sama lain karena tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Nah, apabila seseorang jarang bersosialisasi maka dalam jangka waktu yang panjang akan sangat rentan terkena gangguan mental.

Itulah 6 kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mental, walaupun tampak sederahana namun hal-hal diatas sangat tidak baik bagi diri anda sendiri. So, mulailah hidup sehat dari sekarang.


Loading...