Kolesterol Tinggi ? “Bunuh” Dengan 7 Makanan Alami Ini


Kolesterol tinggi merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang didunia ini sehingga harus segera di “bunuh” agar tidak membahayakan kesehatan kita. Kadar kolesterol jahat yang tinggi didalam tubuh akan menyebabkan seseorang bisa terkena serangan jantung dan stroke yang mana kedua penyakit tersebut adalah pembunuh manusia terbanyak didunia.

Nah, betapa bahaya bukan akibat yang ditimbulkan oleh kolesterol yang tinggi didalam tubuh ? maka dari itu jika anda mempunyai kolesterol yang tinggi sebaiknya secepat mungkin untuk diturunkan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bagi anda yang masih bingung untuk menurunkan kolesterol yang tinggi didalam tubuh maka bisa mencoba 7 makanan alami dibawah ini. Penasaran apa saja makanan alami tersebut ? yuk langsung saja kita simak tulisan dibawah ini.

1. Fenugreek seed
Fenugreek Seed merupakan sejenis biji-bijian yang kaya akan steroid saponin. Kandungan saponin didalam makanan ini sangat baik bagi tubuh karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol didalam tubuh. Selain itu, saponin juga bisa mengurangi dan memerangi kolesterol didalam tubuh.

2. Flaxseed (biji rami)
Flaxseed atau biji rami memiliki manfaat yang hampir sama dengan fenugreek seed yaitu menurunkan kolesterol didalam tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada didalam biji rami juga bermanfaat sebagai pelindung kesehatan jantung.

Seseorang yang sering mengKonsumsi flaxseed secara teratur maka sangat bermanfaat sebagai pencegah pengerasan pada arteri akibat pengendapan kolesterol.

3. Bawang putih
Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bahan penyedap untuk bumbu dapur tetapi juga mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengurangi kolesterol didalam tubuh. selain itu, kandungan antioksidan didalam bawang putih dapat membantu perluasaan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Untuk hasil maksimal cobalah untuk mengkonsumsi bawang putih mentah yang telah dipotong dan dibiarkan selama lima menit agar senyawa allicin didalam bawang putih aktif. Hindari penggunaan microwave atau merebus seluruh siung bawang putih karena hal ini dapat merusak aktivitas konstituen penting.

4. Bawang merah
Jika tadi bawang putih maka sekarang adalah bawang merah. Makanan alami ini memiliki kandungan quercetin yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat dan bisa mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada jaringan manusia. Selain itu, quercetin yang terkandung didalam bawang merah juga mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

Sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, baik itu sebagai campuran salad atau sayuran lain maupun di jus.

5. Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut dan kenari
Kacang-kacangan diatas mengandung asam lemak tak jenuh yang bisa menjaga arteri tetap sehat. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi camilan kacang-kacangan ini karena bisa menyebabkan berat badan menjadi meningkat.

6. Ikan
Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik karena mengandung asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi kolesterol jahat serta melindungi kesehatan jantung. Ikan seperti salmon, makarel dan sarden bisa meningkatkan kolesterol baik didalam tubuh.

Untuk penyajiannya sendiri lebih baik lagi apabila dimasak dalam bentuk dipanggang atau dibakar, jangan digoreng karena hanya akan menambah kandungan lemak tak sehat dari makanan anda.

7. Oat
Oat merupakan makanan yang sehat untuk jantung karena tidak menyebabkan kadar kolesterol didalam tubuh menjadi tinggi. Kandungan serat dan senyawa beta glucan pada oat mampu mengurangi kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Itulah 7 makanan alami penurun kolesterol tinggi yang bisa anda konsumsi dalam sehari-hari. Sebisa mungkin hindari obat-obatan kimia karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan nantinya apabila dikonsumsi terus menerus.


Loading...