Ingin Panjang Umur ? Lakukan 14 Hal Ini


Panjang umur merupakan impian setiap orang apalagi ditambah dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar maka hal ini menjadi suatu nikmat tersendiri bagi kita. Namun pada saat ini dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat maka hal yang mustahil bagi manusia zaman sekarang untuk bisa bertahan hidup lebih lama.

Nah dibawah ini ada 14 ciri-ciri manusia yang memiliki umur panjang. Penasaran ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

Tips Agar Panjang Umur

1. Usia ibu masih muda saat melahirkan Anda
Seseorang yang dilahirkan oleh ibu berusia dibawah 25 tahun akan memiliki umur lebih panjang dibandingkan seseorang yang dilahirkan oleh ibu berusia tua. Seperti yang diungkapkan oleh ilmuwan dari University of Chicago, sel telur yang dimiliki oleh ibu muda adalah yang terbaik sehingga menghasilkan keturunan yang sehat.

2. Anda seorang pecinta teh
Teh merupakan minuman yang kaya akan antioksidan dan sangat bagus sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu kandungan konsentrasi katekin didalam teh mampu membuat pembuluh darah menjadi rileks sekaligus melindungi kesehatan jantung. Untuk catatan sebaiknya jangan menambah susu pada teh karena hal ini akan menghilangkan efek protektif tersebut.

3. Lebih memilih untuk berjalan kaki
Seiring berkembangnya zaman maka manusia zaman sekarang sangat dimanjakan oleh berbagai teknologi sehingga mereka malas untuk bergerak bahkan malas untuk berjalan karena sudah ada sepeda motor. Namun menurut sebuah studi bahwa seseorang yang sering berjalan walaupun 30 menit sehari maka harapan hidup mereka bakal lebih lama dibandingkan orang yang malas berjalan.

4. Menghindari soda
bahkan yang versi diet Soda memang menyegarkan apalagi jika dikonsumsi disaat udara sedang panas seperti Indonesia ini. Tetapi apabila terlau sering meengkonsumsi juga tidak baik untuk kesehatan tubuh bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Selain itu menurut ilmuwan di Boston, ia mengatakan bahwa mengkonsumsi satu buah atau lebih minumana bersoda bisa meningkatkan dua kali lipat resiko sindrom metabolic, tekanan darah tinggi, jantung dan lain-lain. Nah, apabila ingin memiliki umur yang panjang sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda.

5. Memiliki kaki yang kuat
Seseorang yang memiliki kaki yang kuat biasanya akan sangat fleksibilitas karena memiliki keseimbangan yang sangat baik. Menurut Robert Butler, MD, dari International Longevity Center, USA menuturkan otot paha yang lemah bisa menjadi salah satu penyebab kelemahan di usia tua.

6. Mengonsumsi makanan berwarna ungu
Makanan berwarna ungu banyak mengandung senyawa polifenol yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan Alzheimer. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan konsumsi 1 cangkir bluberry setiap hari dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

7. Memiliki berat badan remaja yang sehat
Berat badan sangat erat kaitanya dengan kesehatan sehingga kita harus dituntut untuk memiliki berat badan yang ideal agar terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Pediatrics. Studi tersebut mengataka bahwa seseorang yang memiliki kelebihan berat badan di usia 14 tahun dapat meningkatkan risiko diabetes di usia dewasa, hal ini tentu saja meningkatkan risiko komplikasi dari diabetes seperti penyakit jantung.

8. Tidak suka burger
Burger merupakan roti isi yang sangat populer di berbagai Negara bahkan Indonesia. Namun tahukah anda bahwa daging sapi atau domba yang ada didalam burger bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena berbagai penyakit seperti kanker usus besar. Hal ini dikarenakan daging merah yang dipanggang, dibakar atau dimasak dalam suhu tinggi bisa meningkatkan kandungan senyawa karsinogenik yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit kanker. Mengkonsumsi burger dalam batas wajar masih aman kok, asal jangan berlebihan saja.

9. Memiliki tingkat pendidikan tinggi
Menurut sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang memiliki pendidikan lebih dari 12 tahun akan bisa hidup lebih lama 18 bulan dibandingkan seseorang yang hanya menikmati pendidikan formal 12 tahun. Hal ini diperkirakan orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung sedikit mengonsumsi rokok.

10. Sangat menikmati memiliki teman
Teman merupakan tempat kita berbagi suka dan duka, selain itu teman juga penyemangat didalam hidup kita. Seseorang yang tidak memiliki teman biasanya akan rentan stres sehingga beresiko menjadi stress kronik yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa memperpendek usia seseorang hingga 4-8 tahun. So, binalah hubungan yang baik dengan siapapun agar mereka menjadi teman bagi anda.

11. Memiliki teman-teman yang sehat
Memiliki teman saja ternyata tidak cukup untuk memiliki usia yang panjang tetapi kita membutuhkan teman yang sehat. Apabila kita memiliki teman sehat maka secara tidak langsung ini juga akan berdampak baik bagi kita yang juga terpicu untuk hidup sehat. Karena itu penting untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki tujuan hidup sama dalam hal kesehatan.

12. Tidak takut tantangan baru
Tantangan biasanya menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang karena mereka takut gagal dalam menghadapi tantangan tersebut. Namun orang yang tidak takut tantangan mempunyai harapan hidup yang lebih lama karena mereka bisa mengorganisasi diri sendiri dengan baik sehingga resiko untuk terkena Alzheimer sangatlah rendah. hal ini dikarenakan orang yang memiliki fokus perhatian akan menggunakan kekuatan otaknya sehingga mereka selalu sehat dan memiliki umur yang panjang.

13. Tidak memiliki pembantu di rumah
Untuk memiliki umur yang panjang kunci utamanya adalah banyak bergerak karena hal ini selain menyehatkan juga membuat tubuh menjadi bugar. Nah, melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel, mencuci dan lainnya ternyata juga bagus untuk kesehatan karena tanpa disadari aktivitas ini bisa membakar sekitar 285 kalori didalam tubuh. Hal ini akan menurunkan risiko kematian sebesar 30 persen.

14. Seseorang yang berkembang
Setiap manusia yang ingin sukses dan maju maka diharuskan untuk terus berkembang jangan biarkan anda terlena di zona aman, hal ini tidak akan membuat anda berkembang. Orang-orang yang memiliki usia panjang cenderung memandang kerja keras adalah penting, tapi tetap menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga, meningkatkan spiritualitas dan melakukan hal bersama orang lain.

Itulah 14 ciri-ciri manusia yang panjang umur. Apakah anda mempunyai cirri-ciri diatas ?


Loading...