Fakta, Kebanyakan Orang Indonesia Malas Gosok Gigi Sebelum Tidur


Mejaga kebersihan gigi sangatlah penting karena apabila tidak rutin dibersihkan maka akan menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada mulut anda. Idealnya membersihkan gigi dengan cara menggosoknya secara 2 kali dalam sehari sudah bisa menjaga kesehatan gigi.

Namun ada juga orang yang mengosok giginya 3 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari, sore dan sebelum tidur. Nah , gosok gigi sebelum tidur inilah yang sering kali di abaikan oleh kebanyakan orang. Menurut sebuah survey ternyata kebanyakan masyarakat Indonesia malas untuk menggosok gigi sebelum tidur, padahal kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Fakta Orang Indonesia malas gosok gigi

Profesional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia drg. Ratu Mirah Afifah dalam talk show yang bertajuk 'Perilaku Menyikat Gigi dalam Keluarga' di Jakarta, Senin (6/5/2013), menyatakan, masyarakat Indonesia lebih sering melewatkan waktu menyikat gigi di malam hari.

Sebuah survey yang di adakan oleh PT Unilever pada januari 2013 lalu mengatakan bahwa ada sebanyak 49% peserta survey yang tidak mengosok giginya ketika hendak tidur, bahkan survei juga menunjukkan, 71 persen orang dewasa dan 74 persen anak tidak menyikat gigi di malam hari.

Survei yang melibatkan peserta sebanyak 1.634 ini terdiri dari anak-anak berusia 8-12 tahun dan orang dewasa. Selain itu peserta survey tidak hanya dari Indonesia tetapi juga ada dari Negara lain yaitu Perancis, India, Italia.

Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) drg. Syarif Hidayat mengatakan, menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangat penting. Pasalnya, saat tidur aktivitas mulut menurun drastis yang mengakibatkan penurunan jumlah saliva.

Saliva atau dikenal juga dengan air liur memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membunuh bakteri. Akibat berkurangnya saliva, maka pertumbuhan bakteri di mulut pun semakin pesat pada malam hari. "Pertumbuhan bakteri di saat tidur menjadi dua kali lipat," ungkapnya.

Menurut pakar kesehatan juga mengatakan bahwa waktu yang baik untuk menggosok gigi adalah ketika hendak tidur, hal ini di karenakan dapat membunuh bakteri sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada gigi sehingga kuman-kuman akan mati dan tidak menimbulkan masalah kesehatan pada gigi dan gusi.

So, mulailah untuk hidup sehat dengan rajin menggosok gigi sebelum tidur karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan.


Loading...