8 Tanda-Tanda Monopause Dini Pada Wanita


Monopause merupakan sesuatu yang wajar dan pasti akan dialami oleh setiap wanita yang telah tua sehingga anda tidak perlu khawatir secara berlebihan dengan kondisi ini. Biasanya ketika seseorang mengalami monopouse maka akan terjadi perubahan-perubahan hormon didalam tubuh mereka dan beberapa tanda lainya.

Namun, Monopause tidak hanya terjadi pada wanita yang telah tua tetapi terkadang ada sebagian wanita yang cukup muda yang sudah mengalami monopause atau biasa disebut dengan monopause dini. Monopause dini memang menjadi momok yang menakutkan bagi setiap wanita karena hal ini bisa menggangu kehidupan rumah tangga mereka.

Nah, Penasaran apa saja tanda-tanda dari monopause dini tersebut ? yuk mari langsung kita simak tulisan dibawah ini.

1. Hot flashes
Pada wanita yang telah mengalami monopause dini biasanya akan merasakan hot flashes, dimana tubuh akan terasa hangat atau panas secara tiba-tiba. Kondisi seperti ini disebabkan karena tubuh bereaksi atas kurangnya pasokan hormon estrogen.

2. Berkeringat di malam hari
Wanita yang selalu berkeringat pada malam hari bisa jadi salah satu pertanda bahwa mereka sedang mengalami monopause dini. Kondisi seperti ini biasanya dikenal dengan Hyperhydrosis nocturnal yaitu kondisi dimana tubuh memproduksi keringat berlebihan selama kita tidur.

3. Kekeringan pada daerah pribadi wanita
Ini yang sangat ditakutkan oleh wanita, dimana hal ini lambat laun akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga mereka. Akibat Monopause dini maka sudah dipastikan hormon estrogen akan berkurang sehingga mempengaruhi daerah pribadi wanita tersebut seperrti kekeringan, gatal, dan membuat hubungan antara suami dan istri menjadi tidak nyaman. Selain itu wanita yang mengalami monopause dini juga sangat rentan terhadap infeksi.

4. Suasana hati berubah-ubah
Wanita yang mengalami monopause dini biasanya memiliki suasana hati yang tidak tentu cenderung berubah-ubah seperti ketika mereka sedang menstruasi. Namun perbedaannya, pada wanita yang mengalami monopoause dini perubahan suasana hati akan lebih intens atau bahkan perubahan suasana hati yang kronis.

5. Kelelahan kronis
Setiap orang yang bekerja sesuatu yang wajar apabila mengalami kelelahan, namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Nah, lain halnya dengan wanita yang sedang melewati masa transisi menopause dini, mereka akan selalu merasakan lelah setiap hari atau biasa disebut kelelahan kronis sehingga lambat laun akan berdampak buruk bagi keharmonisan rumah tanggan mereka.

6. Rambut rontok
Tanda-tanda monopouse dini pada wanita juga bisa kita lihat rambur mereka yang lebih rentan untuk rontok. Hal ini lagi-lagi disebabkan berkurangnya pasokan hormon estrogen didalam tubuh sehingga rambut akan mudah rontok atau mengalami penipisan secara bertahap. Bahkan rambut hal ini juga ditandi dengan rontoknya bulu pada daerah pribadi wanita secara bertahap.

7. Disorientasi dan kebingungan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa gangguan tidur dan perubahan suasana hati yang kronis bisa membuat seseorang yang mengalami monopause dini akan cenderung menjadi disorientasi dan kebingungan seperti sulitberkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

8. Berat badan bertambah
Berat badan yang bertambah tidak hanya menyebabkan obesitas, tetapi juga bisa menjadi pertanda bahwa wanita tersebut telah mengalami monopause dini. Hal ini disebabkan oleh lemak yang menumpuk disekitar perut karena proses metabolisme pengolahan lemak telah terhambat.

Itulah 8 tanda-tanda monopause dini pada wanita yang harus anda perhatikan karena jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepa maka bisa menggangu keharmonisan rumah tanggan anda dan pasangan.


Loading...