6 Hewan Yang Suaranya Bisa Terdengar Sampai Jauh


Untuk berkomunikasi anatara satu sama lain biasanya para hewan mengeluarkan suara khas yang hanya di mengerti oleh kelompoknya saja, bahkan manusia pun tidak akan memahami arti dari suara hewan. Jangkauan suara sendiri sangat bervariasi dan tidak sama, ada hewan yang memiliki suara kecil dan ada pula hewan yang memiliki suara sangat keras hingga bisa terdengar sampai jauh.

Nah, dibawah ini ada 6 hewan yang memiliki suara sangat keras sehingga bisa terdengar hingga jarak yang sangat jauh. Penasaran hewan apa saja ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

hewan ini bisa berkomunikasi jarak jauh

1. Paus Biru
Ikan paus memang telah dikenal memiliki suara paling tinggi di muka bumi dengan keras 188 desibel, bahkan suara paus 2 kali lebih keras daripada musik rock yang rata-rata hanya mencapai 100 desibel. Suara yang dikeluarkan oleh paus biru ini berfungsi untuk menarik pasangan yang berjarak hingga ratusan mil jauhnya.

2. Howler Monkey
Howler monkey adalah sejenis monyet yang sering ditemukan di hutan hujan Amerika. Hewan ini sendiri bisa tumbuh tinggi hingga 4 kaki dan hidup secara berkelompok, lolongan hewan ini bisa terdengar hingga 10 mil dan masuk dalam rekor guinness sebagai the loudest land animal.

3. Gajah
Siapa yang tak kenal dengan gajah ? hewan bertubuh besar ini memang tampak mengerikan. Suara injakan kaki gajah ternyata sangat keras, berkekuatan antara 80-90 desibel lebih keras daripada manusia yang sedang berteriak. Selain itu, getaran dari injakan kaki gajah juga berfungsi sebagai alat komunikasi kepada satu sama lain yang menunjukan bahwa adanya tanda bahaya.

4. North American Bullfrog
North Ameican Bulfrog adalah seekor katak jantan, nama tersebut sesuai dengan suara keras yang dikeluarkan oleh hewan tersebut. Suara hewan ini bisa terdengar hingga setengah mil jauhnya, hal ini yang membuat katak tersebut terdengar menyeramkan daripada yang sebenarnya. Katak jantan tersebut membuat suara beresonansi untuk menarik perhatian katak betina,

5. Hyena
Hyena merupakan salah satu hewan buas, biasanya hewan ini akan mengeluarkan suara seperti orang tertawa cekikikan dengan bernada tinggi apabila sedang terancam, dikejar atau diserang. Serangkaian suara he-he-he tersebut bisa terdengar hingga delapan mil jauhnya, so ketika anda mendengar suara seperti itu lebih baik lari.

6. Singa Afrika
Singa biasanya dikenal sebagai raja hutan, tak hanya buas hewan ini juga sangat lincah dan menyerang secara berkelompok. Suara singga mungkin sudah tidak asing lagi ditelingga kita semua karen di televisi pun sering kita saksikan.

 Raungan singa bisa terdengar hingga 5 mil jauhnya, raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan.

Itulah 6 hewan yang suaranya bisa terdengar hingga jauh, bagaimana apakah anda pernah mendengar salah satu suara hewan diatas ?


Loading...