3 Cara Cerdas Memilih Madu Berkualitas


Pernakah anda mengkonsumsi madu ? selain rasanya enak dan manis ternyata madu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sejarah penggunaan madu sebagai obat telah ada sejak zaman nenek moyang kita, tidak hanya sebagai pengobatan tetapi juga untuk kecantikan kulit wanita.

Namun pada saat ini madu yang beredar dipasaran sangat sulit dibedakan mana yang asli berkualitas dan mana yang sudah tidak asli lagi, untuk itu kita sebagai konsumen harus pintar-pintar dalam memilih dan membeli madu.

Cara Memilih Madu Asli

Nah, ada 3 cara ampuh untuk membedakan madu yang berkualitas tinggi dengan madu yang berkualitas rendah agar anda tidak merasa tertipu ketika membeli. Mau tau ? simak tulisan dibawah ini.

1. Perhatikan kadar airnya
Mungkin bagi sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui bagaimana membedakan antara madu berkualitas dengan tidak. Nah, hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum membeli madu adalah kadar airnya. Madu yang berkualitas biasanya tidak terlalu encer, apabila madu yang anda beli terlihat begitu encer maka bisa jadi sudah dicampur dengan air. Untuk mengetahui hal ini tentunya anda harus menuangkan madu tersebut dari dalam botolnya, apabila mengeluarkan gelembung lebih cepat berarti madu tersebut memiliki kandungan air yang tinggi.

2. Warna madu
Madu biasanya cenderung berwarna lebih gelap, hal ini di karenakan kandungan mangan, besi, sulfur, klorn, potassium, magnesium dan sodium. Selain kandungan diatas, derajat keasamaan yang tinggi pada madu juga menyebabkan madu berwarna lebih gelap. Dari segi aroma, madu yang berwarna gelap lebih kuat baunya daripada yang berwarna terang..

3. Kebersihan madu
Madu yang berkualitas juga bisa dilihat dari isinya, pastikan tidak ada kotoran atau serpihan apapun didalam madu tersebut. Biasanya madu yang dikemas oleh perusahaan preofesional sangat bersih dan proses penyaringan nya pun sangat bersih sehingga benar-benar menghasilkan madu yang berkualitas.

Itulah 3 cara ampuh untuk membeli madu tanpa merasa tertipu. Anda juga harus ingat bahwa terkadang madu juga dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga mungkin ada sebagian madu yang tetap berkualitas walaupun tidak memiliki ciri-ciri diatas.


Loading...